Pages

Thursday, August 23, 2018

Peneliti Bikin Baterai Ponsel yang Tak Mudah Meledak

JAKARTA - Pengguna smartphone saat ini semakin meningkat. Penggunaan smartphone yang intens bisa mempengaruhi daya baterai. Semakin sering menggunakan ponsel, semakin sering juga Anda mengisi daya.

Banyak kejadian ponsel meledak yang diakibatkan oleh baterai, seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7. Baterai mengakibatkan beberapa ledakan, dan memaksa penarikan ponsel dari pasar.

BERITA TERKAIT +

Melansir Phone Arena, Kamis (23/8/2018), Gabriel Veith, Ph.D, salah satu peneliti yang bekerja pada baterai, mengatakan bahwa tujuannya untuk membuat baterai lithium-ion yang akan terus berfungsi, bahkan ketika bagian baterai rusak dalam sebuah benturan. Ini menyebabkan beberapa elektrolit di dalam sel mengeras.

Teknologi ini diharapkan menjadi solusi dari masalah yang dialami baterai ponsel, sehingga perangkat bisa lebih aman.

 

Beberapa peneliti telah datang dengan versi baterai lithium-ion yang mereka klaim tidak akan terbakar. Sel lithium-ion yang khas memiliki dua elektroda yang dipisahkan oleh sepotong plastik tipis.

Baca juga: Xiaomi Pocophone F1 Akan Mendarat di Indonesia, Intip Spesifikasinya

Jika plastik itu gagal karena suatu alasan, dan kedua elektroda itu bersentuhan, cairan elektrolit di dalam sel bisa terbakar. Mencampurkan aditif silika ke dalam elektrolit memungkinkan cairan menjadi keras saat terkena benturan, sehingga mencegah elektrodanya menyentuh. Ini menghilangkan kemungkinan baterai terbakar.

 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Fitur HDR?

Para peneliti melihat teknologi ini awalnya digunakan untuk baterai Drone. Para peneliti secara terbuka mendiskusikan teknologi mereka di Pertemuan Nasional & Eksposisi ke-256 dari American Chemical Society.

(ahl)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2OVWrZE

No comments:

Post a Comment