Pages

Sunday, August 19, 2018

BMKG: Pusat Gempa Berada di Lereng Gunung Rinjani

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada dua kali gempa susulan berkekuatan besar yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada siang hari ini. Dua gempa tersebut berpusat di lereng Gunung Rinjani.

"Pusat gempa ada ‎pada lereng utara timur laut Gunung Rinjani dengan kedalaman 10 km," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati saat jumpa pers di kantornya, Jalan Angkasa I, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

BERITA TERKAIT +

‎Dwikorita menjelaskan dua kali gempa berkekuatan besar pada hari ini merupakan gempa susulan atau aftershock dari gempa sebelumnya pada, 5 Agustus 2018 yang berkekuatan 7,0 Skala Richter. Adapun, dua gempa usulan yang terjadi pada hari ini berkekuatan, 5,4 SR dan 6,3 SR.

"Dengan bertambahnya data yang masuk lagi total dari 125 sensor, magnitudo (kekuatan) gempa kedua hari ini kami perbaharui menjadi 6,3 dengan memperhatikan lokasi episenter, sumber gempa, 6,3 M," terangnya.

 gempa

Menurut Dwikorita, gempa susulan tersebut tiak berpotensi menimbulkan tsunami. Sebab, gempa tersebut masih berjenis gempa dangkal.‎

"Maka kami menyimpulkan gempa susulan, dari Magnitudo 7,0 yang lalu, gempa dangkal akibat patahan naik flores," pungkasnya.

 gempa

(wal)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2N4w7vC

No comments:

Post a Comment