Pages

Friday, August 23, 2019

Perang Dagang Membara, Trump Langsung Balas Serangan China

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menaikkan tarif pada sebagian besar produk impor dari China. Ini dilakukan sebagai serangan terbaru dalam perang dagang yang semakin memanas antara dua negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Seperti dilansir dari CNBC International, Trump akan menaikkan bea yang ada atas US$ 250 miliar produk China menjadi 30% dari 25% pada 1 Oktober, dan tarif untuk US$ 300 miliar barang China lainnya, sekarang akan menjadi 15%, bukan 10% mulai berlaku pada 1 September mendatang.



Dalam serangkaian cuitannya, orang nomor 1 di AS tersebut mengatakan, dia akan meningkatkan tekanan terhadap China sebagai bagian dari tujuannya yang telah lama dipegang untuk memaksa Negeri Tirai Bambu tersebut mengubah apa yang disebutnya praktik perdagangan tidak adil.

Trump telah memberikan lebih banyak serangan dalam perang perdagangan saat ia mencari kesepakatan perdagangan besar-besaran dengan China, bahkan ketika tarif mengancam pertumbuhan ekonomi global.

"Sedihnya, pemerintahan sebelumnya telah memungkinkan China untuk bergerak jauh dari perdagangan yang adil dan seimbang. Sehingga, telah menjadi beban besar bagi Wajib Pajak Amerika," ia mentweet pada Jumat. "Sebagai Presiden, saya tidak bisa lagi membiarkan ini terjadi!"

Kantor Perwakilan Dagang AS menyebut tarif yang direncanakan China untuk barang-barang AS tidak dapat dibenarkan. Dikatakan akan mempublikasikan dalam Daftar Federal secepat mungkin ada perincian tambahan tentang tarif baru yang diumumkan Trump.

Tweet Trump tentang China pada Jumat pagi membantu mengirim indeks saham utama AS melonjak lebih dari 2% untuk hari itu. Tensi perang dagang meningkat di pagi hari ketika China mengumumkan tarif baru atas barang-barang AS senilai US$ 75 miliar sebagai balasan atas bea masuk AS atas barang-barang senilai US$ 300 miliar dalam produk China.


Masih dalam kicauannya di Twitter, Trump kemudian mengatakan, perusahaan-perusahaan Amerika dengan ini diperintahkan untuk segera mulai mencari alternatif selain China, termasuk membawa seluruh kantor pusat perusahaan dan membuat produk di AS. Dia tidak segera merinci regulasi apa yang dia pikir dapat dia gunakan untuk memaksa perusahaan meninggalkan China.

Kelompok-kelompok bisnis AS secara keseluruhan mengecam pernyataan presiden tersebut, dengan mengatakan itu membahayakan operasi mereka. Dalam sebuah pernyataan terkini, Wakil Presiden Senior dari Federasi Ritel Nasional urusan Pemerintahan David French mengatakan, "Tidak mungkin bagi bisnis untuk merencanakan masa depan dalam jenis lingkungan seperti ini."

"Pendekatan administrasi jelas tidak berhasil, dan jawabannya adalah tidak ada lagi pajak pada bisnis dan konsumen Amerika. Di mana ini berakhir?" kata French.

Beberapa kritik mempertanyakan apakah realistis untuk memutuskan hubungan dengan China, yang mengirimkan lebih banyak barang ke AS daripada negara lain.

Dampak dari kicauan Trump pun mengirim indeks saham utama AS jatuh pada perdagangan Jumat (23/8/2019). Bahkan sebelum Trump meningkatkan prospek perusahaan-perusahaan AS yang meninggalkan Cina, para investor khawatir tentang kendurnya pertumbuhan ekonomi global dan konflik perdagangan.

Trump bertemu dengan tim kebijakan perdagangannya di Gedung Putih pada siang hari sebelum mengumumkan kenaikan tarif. Setidaknya satu penasihat perdagangan, Peter Navarro, umumnya mendukung eskalasi perang perdagangan.

Senator Chuck Grassley, seorang Republikan dari Iowa dan ketua Komite Keuangan Senat, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Trump benar untuk melawan balik China, meskipun konflik telah menyebabkan dampak pada konsumen AS dan petani Iowa.

"Satu-satunya cara untuk mengakhiri perang dagang ini adalah agar China datang ke meja kami dan bernegosiasi serius pada kesepakatan yang dapat ditegakkan yang mengakhiri perilaku buruk dan praktik perdagangan yang tidak adil. Sementara itu, tarif tidak bisa menjadi satu-satunya alat negosiasi. Tarif bukan solusi jangka panjang," ujar Grassley.

Ketika saham terguling lebih rendah pada sore hari, Trump tampak membuat lelucon tentang penurunan pasar. Seorang presiden yang menghabiskan beberapa hari terakhir membelokkan kekhawatiran tentang ekonomi yang melambat, menyarankan agar politikus Partai Demokrat Seth Moulton keluar dari pemilihan Presiden AS 2020, tepat mengenai bursa pasar. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/2TZC3dZ
via IFTTT

No comments:

Post a Comment