Pages

Monday, August 20, 2018

Pendakian ke Gunung Buthak dan Panderman Masih Ditutup

KOTA BATU - Proses pemadaman sejumlah titik api di lereng Gunung Buthak dan Gunung Panderman belum usai, membuat pengelola belum membuka akses pendakian.

Ketua BPBD Kota Batu, Sasmito mengatakan, hingga hari ini pemadaman api masih terus dilakukan di satu titik api di daerah tebing yang sulit dijangkau.

BERITA TERKAIT +

"Di bagian savana sudah dipadamkan. Tinggal satu titik di tebing yang sulit terjangkau. Saat ini, tim di lapangan masih melanjutkan proses pemadaman," ujar Sasmito, Senin (20/8/2018) sore.

Pemadaman dilakukan dengan alat seadanya dengan daun kering dan batang pohon oleh tim yang terdiri dari BPBD, SAR, Perhutani, TNI, POLRI, relawan, dan warga setempat.

 Kebakaran Hutan Buthak

Sementara itu, pihak Perhutani melalui Asisten Perhutani (Asper) Pujon, Padi Subowo menyatakan, masih menunggu kepastian api padam secara total.

"Kalau sudah selesai dan aman semua nanti kita buka. Rencananya kemarin dalam waktu 2 hari," ujarnya kepada okezone.

Meski sebenarnya jalur pendakian sudah padam, tapi pihak Perhutani tak ingin mengambil resiko dengan membuka jalur pendakian ke Gunung Buthak melalui Panderman.

"Sudah mulai padam kemarin. Hanya saja khawatir titik api muncul lagi. Nanti saya cek lagi, kalau nanti sudah aman betul kita buka (pendakian)," pungkasnya.

Sebelumnya, kawasan antara Gunung Buthak dan Gunung Panderman di Kota Batu diketahui terbakar pada Jumat malam sekira pukul 22.00. Warga sekitar lereng yang melaporkan ke BPBD Kota Batu adanya titik api.

Akibat kebakaran itu, 10 hektare lahan terbakar dan sekitar 300 pendaki gunung dievakuasi paksa dari area Gunung Panderman dan Gunung Buthak.

(Ari)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2L8VrPq

No comments:

Post a Comment