Pages

Sunday, August 19, 2018

Ini Tari Ratoh Jaroe yang Bikin Upacara Pembukaan Asian Games 2018 Makin Meriah

PESTA olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games 2018 resmi dibuka pada Sabtu malam, 18 Agustus. Upacara pembukaan Asian Games 2018 yang melibatkan sebanyak 3.600 penari dan 18 penyanyi serta tata panggung yang lengkap dengan gunung dan air terjun di tengah-tengah lapangan berlangsung megah dan meriah.

Pembukaan pesta olahraga empat tahunan ini diawali dengan aksi pemeran Presiden Jokowi yang mengendarai sepeda motor memasuki Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Tari tradisional dari Aceh yaitu Tari Ratoh Jaroe berhasil memukau jutaan pasang mata yang hadir.

Tarian ini tampil mengagumkan di depan delegasi dan para altet dari 44 negara. Pasalnya, sebanyak 1.600 penari yang terdiri dari 18 siswi SMA se-DKI Jakarta dilibatkan untuk memeriahkan acara ini.

 

(Foto: INASGOC)

Busana yang dipakai oleh para penari berwarna broken white dengan sedikit warna emas di bagian dada dan pinggang serta topi berwarna emas. Baju yang dikenakan pada penari ini ajaib karena tiba-tiba berubah warna menjadi oranye lalu merah dan terakhir berwarna biru. Kostum ajaib dan koreografi yang epik tersebut merupakan karya Denny Malik. Masih belum diketahui bagaimana para penari bisa dengan cepat mengubah warna kostumnya.

Denny Malik merupakan koreografer handal yang sudah berkecimpung di bidang seni lebih dari 30 tahun, jadi kemampuannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Formasi tarian yang berubah-ubah dari membentuk segitiga sampai membentuk bendera merah putih terlihat indah saat disorot dari atas GBK. Lagu Bungong Jeumpa pun sempat mengiringi tarian Ratoeh Jaroe. Pertunjukan kembang api menambah kemeriahan acara ini.

 

(Foto: nabila_nabila21/Instagram)

Tari Ratoh Jaroe merupakan tari kreasi yang berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Sekilas, semua orang pasti menyangka tarian itu adalah tari saman karena gerakan kedua tari tersebut sama-sama menggunakan tangan. Perbedaan yang mencolok adalah yaitu kalau penari tari saman berjenis kelamin laki-laki, dan tari Ratoh Jaroe berisi penari yang berjenis kelamin perempuan.

Selain itu, penari saman berjumlah ganjil sedangkan penari Ratoe Jaroe berjumlah genap. Tari Ratoh Jaroe menggunakan iringan musik eksternal dan tari saman hanya diiringi suara tepukan dada serta suara penari.

Selain Ratoh Jaroe, upacara pembukaan Asian Games juga diramaikan dengan pesta kembang api yang mengagumkan. Kemeriahannya pun menjadi trending topic di Twitter serta Korea Selatan.

(tam)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2N0a5KE

No comments:

Post a Comment