Pages

Saturday, August 18, 2018

Pawai Obor Asian Games 2018, dari India ke Mrapen hingga GBK

JAKARTA - Kirab obor Asian Games 2018 akhirnya mencapai garis finis di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang menjadi lokasi pembukaan ajang olahraga multicabang empat tahunan itu. Prosesi dilakukan secara estafet dengan menempuh rute dari Monumen Nasional (Monas) menuju GBK. 

Sebelumnya, pada Jumat 17 Agustus, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa obor Asian Games saat prosesi kirab di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Prosesi tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73. 

BERITA TERKAIT +

Prosesi kirab diawali dengan mengambil api abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan, pada 15 Juli, dan disatukan dengan api yang dibawa dari India. Pengambilan api di Negeri Bollywood itu tidak lepas dari peran India sebagai negara penyelenggara pertama Asian Games pada 1951.

(Baca juga: Bos Indofood Axton Salim Ramaikan Kirab Obor Asian Games 2018)

Kirab Obor Asian Games di DPR

Kirab obor dimulai pertama kali dari Candi Prambanan di Yogyakarta dengan melibatkan legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti, dan petenis Yustedjo Tarik. Keduanya berjalan membawa api Asian Games dari India, kemudian disatukan dengan api abadi Mrapen di panggung utama. Dari sana, api obor Asian Games dibawa berkeliling 52 kota di 17 provinsi. 

Setelah Yogyakarta, api dibawa ke sejumlah kota di Jawa Timur yaitu, Blitar, Probolinggo, dan Banyuwangi. Kirab kemudian dilanjutkan ke Pulau Dewata, Bali, pada 23 Juli. Dari sana, obor dibawa ke Raja Ampat, Papua, pada 26 Juli, Bulukumba, Sulawesi Selatan, pada 28 Juli. 

Obor Asian Games di Bandung

Pawai berlanjut menuju Kalimantan, tepatnya Banjarmasin pada Senin 30 Juli. Setelah Banjarmasin, obor Asian Games diterbangkan ke Provinsi Aceh pada Selasa 31 Juli. 

Setibanya di Aceh, api obor Asian Games 2018 lantas dibawa ke beberapa provinsi di Pulau Sumatera, seperti Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, tepatnya di Kota Palembang, sebagai salah satu kota penyelengaraan. 

Prosesi berlanjut ke Bandung pada Sabtu 11 Agustus. Obor diarak di sejumlah jalan protokol di Bandung, Jawa Barat, dan dibawa ke Kabupaten Garut. Kirab obor berakhir di Jakarta dengan diawali di Istana Merdeka pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73.

(fmh)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2w6Z0jy

No comments:

Post a Comment