Pages

Thursday, August 23, 2018

Gerakan 'Cerita Indonesia Kita' Ajak Anak Muda Rasakan Langsung Keberagaman Budaya Indonesia

INDONESIA merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaman suku, budaya, dan agama. Selain banyaknya hal tersebut, Indonesia juga memiliki banyak pulau serta bahasa, dengan hampir 750 bahasa yang dimiliki.

Kurangnya pengetahuan akan keberagaman, mengakibatkan masih banyak masyarakat yang kurang menghargai setiap suku, budaya, dan agama yang ada. Menurut Co-Founder Komunitas Sabang-Merauke, Ayu Kartika Dewi, salah satu cara untuk memahami keberadaan di Indonesia adalah dengan cara kolaborasi.

BERITA TERKAIT +

Komunitas Sabang-Merauke ini bertujuan agar anak-anak di Indonesia dapat saling menghargai keberagaman dan toleransi dengan cara kolaborasi, yaitu program pertukaran pelajar se-Indonesia. Pertukaran pelajar ini dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama dari seluruh Indonesia untuk merantau ke daerah berbeda dan tinggal dengan etnis yang berbeda dengan dirinya. Diharapkan anak-anak tersebut kelak akan menciptakan perdamaian.

(Foto: Utami/Okezone)

 (Baca Juga:Berniat Jadi Travel Blogger? Curahan Hati Kadek Arini Ini Dijamin Menginspirasi Kamu!)

“Fakta dari anak-anak pertukaran pelajar menunjukkan bahwa stereotype yang biasa dikatakan oleh orang-orang itu salah," kata Ayu dalam gerakan “Cerita Indonesia Kita” yang diadakan Clean & Clear, di kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Kampanye inspiratif ini diberi tema #ForEveryFace. Tujuannya adalah mendorong anak muda untuk melihat keberagaman suku, agama, dan budaya di Indonesia secara langsung dan tidak men-stereotype-kan seseorang hanya karena latar belakangnya.

 

(Foto: Utami/Okezone)

 (Baca Juga:Gaya Kasual Prewedding Kimberly Ryder dan Kekasihnya, Cool Banget!)

“Selain tagline tersebut, kita juga harus ingat bahwa cara penting untuk menciptakan kedamaian itu sendiri adalah damai dengan diri sendiri. Kita tidak bisa mendamaikan orang-orang kalau dari diri sendiri belum melakukannya,” ucap Ayu.

Ayu melanjutkan, jika kita sudah berdamai dengan diri sendiri, maka kita dapat menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya. Kita akan lebih mudah untuk menghargai dan memahami indahnya keberagaman dan tampil percaya diri apapun latar belakang suku, budaya, dan agamanya.

(tam)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2MuCHj1

No comments:

Post a Comment