Pages

Monday, August 20, 2018

Gempa Kembali Guncang Lombok, Menteri PUPR Andalkan Risha

JAKARTA - Lombok kembali diguncang gempa dengan kekuatan tinggi Minggu malam tadi. Kali ini gempa berkekuatan 6,9 SR mengguncang Lombok Timur.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono mengatakan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, pihaknya langsung bergerak cepat. Gerak cepat yang dimaksud adalah mengenai pembangunan beberapa fasilitas yang terhantam gempa.

BERITA TERKAIT +

"Kita sudah siap melaksanakan perintah Presiden untuk menangani gempa yang kemarin di Lombok Timur dan utara. Semalem ada lagi di utara," ujarnya dalam acara Konfrensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (20/8/2018).

 Dampak Gempa Susulan 6,9 SR di Lombok: 10 Orang Meninggal Dunia

Nantinya lanjut Basuki, fasilitas yang diutamakan untuk dibangun ulang adalah fasilitas-fasilitas publik. Khususnya fasilitas publik untuk menunjang perekonomian seperti pasar, sekolah dan sebagainya.

"Kalau untuk yang di Timur dan Utara sudah mulai dikerjakan yang utamanya prasarana ekonominya. Kaya beberapa pasar, masjid, sekolah dan kantor-kantor," ucapnya.

Nantinya pembangunan tersebut akan dilakukan langsung menggunakan teknologi Risha. Risha sendiri merupakan teknologi bangunan yang tahan terhadap gempa.

 Dampak Gempa Susulan 6,9 SR di Lombok: 10 Orang Meninggal Dunia

Teknologi Risha sendiri bahkan sudah teruji dan mampu bertahan dengan guncangan gempa berkekuatan tinggi. Adapun struktur yang digunakan adalah balok, tiang dan sambungan saja.

"Kita sudah bangun 20 rumah risha (rumah instan sederhana) bagaimana kita membangun rumah tahan gempa. Ini salah satu teknologi. Jadi intinya fasilitas umum itu langsung dikerjakan, anggarannya masih dibikin inpresnya," jelasnya.

(dni)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2Pom3iL

No comments:

Post a Comment