Pages

Monday, August 20, 2018

Lombok Diterpa Gempa Berkali-kali, 66 Mahasiswa UGM Dikirim Jadi Relawan

JAKARTA – Fakultas Teknik (FT) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menerjunkan 42 mahasiswanya ke Lombok untuk menjadi relawan pascabencana gempa bumi pada 5 Agustus lalu. Kelompok mahasiswa ini terdiri dari 25 orang mahasiswa dari Teknik Sipil serta 17 orang Teknik Arsitektur.

Mereka berangkat menuju Lombok setelah dilakukan pelepasan yang dipimpin oleh Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, serta Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Nizam, pada Minggu sore (19/8/2018) di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM.

BERITA TERKAIT +

Nizam mengungkapkan penerjunan ini merupakan kelanjutan dari program Disaster Response Unit (DERU) UGM yang terus dikirimkan sejak bencana terjadi.

Dampak Gempa Susulan 6,9 SR di Lombok: 10 Orang Meninggal Dunia 

“Perbedaan dari biasanya adalah sekarang mahasiswa yang dikirim ke sana,” ujarnya

Sebelumnya, lanjut Nizam, sudah delapan kali dosen FT dikirim untuk membantu ke sana. Namun, karena kebutuhan akan perbaikan teknis masih banyak, akhirnya FT memutuskan mahasiswa juga dikirim sebagai tenaga bantuan.

Dia menjelaskan, 42 mahasiswa ini belum semuanya dari total yang akan diterjunkan nantinya.

“Total ada 66 mahasiswa, masih ada tambahan lagi dari Departemen Perencanaan Wilayah Kota,” jabarnya.

Tujuan dari penerjunan ini, menurut Nizam, juga masih sama yakni untuk membangun kembali semangat dari masyarakat yang tertimpa bencana. Hal yang berbeda adalah target yang dibawa para relawan ini.

Dampak Gempa Susulan 6,9 SR di Lombok: 10 Orang Meninggal Dunia 

“Dalam waktu dua minggu ke depan, harus sudah bisa bangun Rumah Instan Sehat (RISA) sebagai hunian sementara korban,” jelasnya.

Senada dengan Nizam, Prof Bakti Setiawan, yang turut hadir melepas para mahasiswa, mengungkapkan pentingnya pengadaan hunian sementara. Ia mengungkapkan bahwa semua korban berada di tenda sekarang dan jumlahnya tidak sedikit. Ia melihat sekarang sudah mendekati musim hujan, sementara tenda tidak mungkin bertahan diterjang derasnya curah hujan.

“Oleh karena itu, pengadaan hunian sementara menjadi urgensi utama para mahasiswa yang turun ke sana, baik dengan skema RISA atau lainnya,” tegasnya.

Dampak Gempa Susulan 6,9 SR di Lombok: 10 Orang Meninggal Dunia 

Prof. Panut mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang telah bersedia menjadi relawan ini. Ia berpesan agar mahasiswa selalu menjaga koordinasi dengan pemerintah dan juga warga setempat.

“Merujuk pada gempa Jogja tahun 2006, integrasi yang kuat antara berbagai lini dapat mempercepat proses pemulihan,” ungkapnya.

Prof. Panut juga berpesan bahwa apapun yang nanti dicapai selama di Lombok, bukanlah sesuatu yang sia-sia.

“Tunjukkan bahwa kalian adalah mahasiswa yang peduli, nasionalis, serta berdedikasi pada bangsa dan negara,” pungkasnya.

(rhs)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PpJQz4

No comments:

Post a Comment