Pages

Monday, August 20, 2018

Danau Sentarum Kering, Buaya Sepanjang 4 Meter Terjebak di Lumpur

KAPUAS HULU - Kawasan Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dilanda kekeringan sejak dua pekan terakhir. Akibatnya, seekor buaya timbul dan terjebak dalam kubangan lumpur danau kering tersebut.

"Memang Danau Sentarum sejak dua pekan ini kering. Buaya yang terjebak ini informasinya jenis buaya muara," ujar Eduardus Ratungan, Direktur Komunitas Pariwisata Kapuas Hulu (Kompakh) kepada Okezone, Senin (20/8/2018).

BERITA TERKAIT +

Edo, sapaan akrab Eduardus ini mengatakan, buaya berbadan besar ini ditemukan sekitar empat hari lalu oleh masyarakat sekitar dan tim patroli dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS). Lokasi penemuan di sekitar Pulau Melayu (Danau Luar Resort Sempadan) kawasan TNBKDS, Kecamatan Batang Lupar. "Sekarang penemuan buaya ini dalam penanganan dan pengamanan pihak TNBKDS," ucap Edo.

Saat penemuan buaya ini, membuat sejumlah warga dan nelayan berbondong-bondong mendatangi lokasi. Mereka pun mengabadikan momen ini. Buaya yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 4 meter itu tidak bergerak ketika beberapa warga mencoba menyentuh ekornya. Warga pun memberitahukan penemuan buaya ini kepada pihak Balai Besar TNBKDS untuk dilakukan evakuasi.

 Foto: Ilustrasi

"Sejak semalam kami masih mengamankan lokasi. Kamj mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi dan berhati-hati ketika beraktivitas di Danau Sentarum," kata Arif Mahmud, Kepala Balai Besar TNBKDS kepada sejumlah wartawan, Senin (20/8/2018).

Ia mengungkapkan, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Lanjak sudah membentuk tim khusus menangani penemuan buaya jenis Senyulong ini. Agar upaya yang dilakukan lebih efektif dan terencana. "Tim sudah bergerak ke lokasi untuk memonitor situasi di lapangan," jelasnya.

Upaya yang dilakukan, dengan menggiring buaya tersebut ke lokasi yang lebih aman bagi habitatnya. Sekaligus memperingatkan warga yang beraktivitas di lokasi tersebut agar lebih waspada. Jangan sampai aktivitas warga justru mengganggu buaya tersebut.

"Dalam waktu dekat, kita akan lakukan sosialisasi agar warga ikut menjaga dan melindungi buaya. Akan dipasang papan peringatan di sekitar lokasi karena di lokasi tersebut selama ini banyak aktivitas masyarakat dan merupakan akses keluar masuk dari dan ke Taman Nasional Danau Sentarum," pungkasnya.

(kha)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2vUxTsG

No comments:

Post a Comment