Pages

Saturday, August 18, 2018

200 Pendaki Dievakuasi Akibat Kebakaran di Kawasan Gunung Buthak

BATU - Kebakaran yang terjadi di lereng antara Gunung Panderman dan Gunung Butak pada Sabtu dini hari (18/8/2018), sekira pukul 00.50 WIB membuat para pendaki dievakuasi tim SAR.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rohim mengungkapkan kebakaran awalnya diketahui pertama kali oleh warga sekitar pada pukul 22.00 WIB dan dilaporkan ke pihak BPBD Kota Batu.

BERITA TERKAIT +

"Laporan yang diterima Pusdalops BPBD Kota Batu dari warga dan hasil pengamatan visual. Memang benar ada kebakaran hutan Sabtu dini hari," ujar Rochim saat dihubungi Okezone.

Ia menambahkan terdapat empat titik lokasi api dengan cakupan wilayah mencapai 4 hektar di sekitar kawasan puncak Gunung Buthak.

 

Akibat kebakaran hutan ini pendakian ke Gunung Panderman dan Gunung Buthak ditutup untuk sementara waktu hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

"Pendakian ditutup total mulai malam tadi hingga batas waktu yang belum kita tentukan untuk antisipasi keselamatan," jelas Rochim kembali.

Sementara tak kurang dari 200 pendaki yang sedang mendaki Gunung Buthak melalui Gunung Panderman terpaksa dievakuasi demi keselamatan.

"Ada sekitar 200-an pendaki yang sedang mendaki, kita minta untuk turun," pungkas Rochim.

 

Hingga kini dari pantauan Okezone di lokasi, petugas gabungan dari Perhutani, BPBD Kota Batu, LMDH, dan para relawan masih terus melakukan proses pemadaman api.

Area terdampak kebakaran yang jauh, pemadaman alat dengan cara seadanya, dan ditambah angin yang bertiup kencang membuat api begitu sulit dipadamkan. 

(ahl)

Let's block ads! (Why?)

from Sindikasi welcomepage.okezone.com kalo berita nya gak lengkap buka link disamping https://ift.tt/2PjpOpC

No comments:

Post a Comment