Pages

Saturday, November 23, 2019

Ini Cara BPH Migas Amankan Pasokan BBM Hadapi Natal 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Menghadapi Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan penyediaan dan distribusi Bahan Bakar Minyak, Gas, Listrik dan antisipasi kebencanaan geologi.

ESDM membentuk Tim Posko Nasional Energi Dan Sumber Daya Mineral, pembentukan posko tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM No. 228 K/MEM/07/2019 tanggal 15 November 2019, dengan Kepala BPH Migas ditunjuk sebagai Ketua/Penanggungjawab Posko Nasional Sektor ESDM.


Tahun ini, posko akan dimulai sejak Jumat, (15/11/19) hingga 8 Januari 2020. Hal ini dilakukan untuk mengamankan pasokan energi dan bencana geologi. Tim Posko juga bertugas untuk melakukan pengendalian solar subsidi dan premium agar penyalurannya tepat sasaran hingga akhir 2019.

Selain itu, Tim Posko juga bertugas untuk menindaklanjuti adanya antrian kendaraan di SPBU untuk mengisi BBM jenis solar dan premium di beberapa daerah.

"Diharapkan Tim posko dapat memberikan solusi dan antisipasi khusunya terkait dengan antrian pembelian BBM di beberapa SPBU di daerah. Dalam jangka pendek, Tim Posko dititik beratkan pada pengawasan langsung berbasis SPBU di lapangan. Sedangkan untuk kedepan, pengawasan dilakukan menggunakan IT dengan penerapan IT Nozzle diseluruh SPBU," kata Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa.

Tim Posko juga nantinya akan terhubung dengan Satgas Pemantaun Distribusi BBM & LPG Pusat PT. Pertamina (Persero) dan MOR I s.d VII melalui video conference, untuk mempercepat antisipasi dan tindak lanjut apabila terjadi kelangkaan dan antrian pengisian BBM.

Tim Posko Nasional Sektor ESDM beranggotakan Unit eselon I di Kementerian ESDM yang membidangi sektor energi BBM,Gas, Listrik dan Geologi yaitu BPH Migas, Sekretariat Jenderal (Biro Perencanaan, Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Pusat Data dan Pusat Data dan Teknologi Informasi/Pusdatin), Ditjen Migas, Ditjen Ketenagalistrikan, Badan Geologi, Tenaga Ahli ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas.


Perwakilan dari seluruh Pemerintah Provinsi, dan Badan Usaha di bidang penyediaan BBM, Gas,dan Listrik yaitu PT. Pertamina (Persero), PT. PLN (Persero), PT. PGN (Persero), PT. Pertagas Niaga, dan PT. AKR Corporindo Tbk PT. Shell Indonesia, PT. Vivo Energi Indonesia, PT. Total Indonesia, dan PT. Aneka Petroindo Raya juga akan bergabung.

Dalam pelaksanaan, Tim Posko Nasional Sektor ESDM juga melibatkan dan bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Let's block ads! (Why?)



from CNBC Indonesia https://ift.tt/37rxorv
via IFTTT

No comments:

Post a Comment